POSTPONER 070707

Posted: July 19, 2007 in Banten, jawa
Tags: , , ,

POSTPONER 070707~080707

070707 angka keramat katanya bagus buat musim kawin, karena itu pula banyak temen2 yang cancle di last minute krn mo kondangan but ada jg yg tiba2 pengen ikut krn mo ngindarin kondangan he…he… bener-bener keramat tuh tanggal. Buat gw sih this is just another weekend day laaahhh… Setelah kasak-kusuk dari jauh2 hari sama Ridwan sang punya hajat n temen2 lainnya, akhirnya tibalah sudah saatnya.

Dengan tujuan spy ga telat dateng di meeting point (sabtu, 070707 jam 08:00 di halte depan ramayana cilegon), malem sabtunya gw nginep di tempat Rika di Bogor. Jam 04:00 subuh kami sudah bangun dan langsung makan sahur he…he…, mandi??? oh tentu tidaaakk… Jam 5 kami berangkat menuju terminal baranang siang. Wah bis tujuan kampung rambutan koq ga ada yg dah siap berangkat yaaa??? Ada juga bis tujuan merak, kami pun akhirnya naik bis tsb & rencananya turun di kebun jeruk terus pindah bis yg lebih cepet (tujuan merak juga sih) secara bis ini pasti mampir kemana-mana dulu. Buru-buru gw telp Pak Huda yg tadinya janjian mo ketemuan di rambutan n sama2 naik bis ke merak.

Jam 05:30 bispun berangkat. Tol jagorawi n tol dalam kota jkt masih lengang secara nasih pagi n hari sabtu pula. Di Tomang hp gw bunyi, ternyata Pak Huda dan ternyata pula dia jadinya bawa mobil, wah.. kebetulan dia dah nyampe Slipi n kita di Tomang jd kita bisa nunggu dia di kebon jeruk.

Jam 6:15 kami tiba di pintu tol kebun jeruk, dan ngga lama pak huda pun muncul. Ehh ada sms masuk, ternyata dari Di salah satu peserta dari Jakarta yg sedang kebingungan menunggu Darwin yg belum muncul di Halte Bus Way hotel Sultan (meeting pointnya peserta Jakarta) n “mereka ga ada yg nyimpen no hp-nya Darwin” nah lho??? . Buru2 gw cari print out list peserta trip cilacap n gw sms-in ke Di.

Ngga lama Endro telp katanya nomornya salah, walah.. piye dong. Oh ya gw inget, kemaren darwin telp gw, gw pun buru-buru nyari no telp n langsung ngubungin nomor tsb, n ternyata itu adalah no telp kantornya Darwin, yg nerima pak satpam n katanya jam 3 pagi tadi Darwin dah pulang dari kantor bilangnya sih mo pergi ke serang, nah lho??? kemana tuh orang ??? Dari pak satpam gw dpt no hp-nya Darwin, dan ternyata nomor yg di list kurang satu angka 1 diujung nya…. halah….halaaaaahhh…. Waktu gw telp Darwin, lha.. suaranya kaya suara orang yg baru bangun tidur gara-gara bunyi hp nih??? Wooo..ya sutra.. ditinggal deh… Akhirnya temen2 IBP jakarta berangkat tanpa Darwin. Gw, Rika, dan Pak Huda pun langsung jalan pula.

Jam 07:00 kami mampir dulu di tempat istirahat di daerah deket pintu tol serang timur, biasaaa.. ke toilet n nyari sarapan. Jam 07:30 kami lanjut lagi, dan akhirnya sampai di pintu tol Cilegon Timur dan masuk kecamatan Cibeber Kodya Cilegon. Wooowww… cilegon banyak banget perubahannya, gw pangling banget (terakhir gw ke sini adalah taun 2000 awal hmmm…. udah 7 tahun yg lalu kah????)

Jam 08:00 nah itu dia halte depan ramayana. Tapi kok sepi2 aza??? Ga ada tampang2 backpacker. Gw telp Ridwan, ternyata dia masih di rumahnya di Pagebangan situ… hi..hi… tuan rumah nya kok telat??? Gw telp jg Dini n d gank, ternyata bis mereka masuk ke terminal serang dulu (yah memang begitulah biasanya bis jkt -merak).

Sambil nelp Dini gw liat ada cowok gede pake celana pendek n sendal jepit baru turun dari ojek n bawa tentengan banyak bgt, wah ini kali nih yang namanya Ridwan sang penggagas trip, wah gede banget…hi..hi… tp kalo di telp suaranya halus n merdu booo… Langsung gw todong “Ridwan ya??? Gw dian..” Seketika itu pula obrolan ala backpacker yg seperti orang yg sudah kenal bertahun2 pun terjadi.

Ada lagi yg dateng, kali ini 1 keluarga dengan 2 orang anak Sekar dan Age (ternyata sodaranya Ridwan yang mo ikutan trip jg). Jam 08:40 setelah nunggu temen2 yg belum nongol2 jg sambil ngobrol, wah kok laper lagi ya??? Lho..lho..??? Itu Darwin??? Lhaaaa…kok jadinya dia yg nyampe duluan???? Yo wislah..bagus.. nyarap lagi yooo… ada bubur ayam ada lontong sayur… ah gw mau buryam aza ahh…

Lagi enak2 makan buryam, rombongan jkt dateng (Dini, Erni, Dewi, Endro, Riko, Riri, Lili), semuanya kelaperan n yg cewek2 pada pengen ke toilet. Mbak Risda mana??? Ternyata dia ngga berangkat sendiri n sekarang masih di tol. Yoo..wisss..nyarap duluuu… sebagian nyerbu buryam sebagian nyerbu lontong sayur.. Narsis pun di mulai di warung buryam dengan mamang tukang buryam sebagai fotograper…

Jam 09:15 Mbak Risda dateng, nahhh..lengkaplah sudah. Ridwan langsung nyari angkot carteran. Peserta di bagi 2 kelompok, gw+Rika+papa n mamanya Sekar + sekar + age naik mobilnya pak Huda, n yg lainnya naik angkot. Mari berangkaaaattt… Rute yg kami ambil adalah melalui kec. kramat watu, melewati situs bersejarah benteng banten dan pelabuhan banten lama terus hingga ke karang antu di kec. pontang. Jalanannya makin tidak bagus hingga pak Huda harus extra hati2 karena mobilnya tipe sedan city car yg tidak cocok untuk tipe jalanan seperti ini.

Jam 10 kami tiba di karang antu. 10 menit kemudian kami sudah siap berperahu. Panassshhh… (ya iya lah namanya juga dilaut). Masing2 peserta langsung mencari posisi yg enak buat tiduran karena perjalanan kami cukup lama (kira2 2 jam). Zzzzz…zzzz……

Jam 12:40 kami tiba di dermaga pulo tunda dan langsung berkonvoi menuju rumah mas Ocid yg dijadikan sebagai basecamp kami. Waa….ada kelapa muda euy, mau dong…mau doong. Mas Ocid langsung sibuk menghidangkan makan siang berupa ikan bakar gede2 yg langsung diserbu semua peserta tanpa ada malu2nya sedikitpun.

Jam 14:00 kami bersiap2 untuk snorkellan. Dengan masing2 menenteng snorkell gear kamipun kembali menuju ke dermaga untuk berperahu lagi ke sebelah barat pulau, disana spot snorkellnya bagus katanya.

Jam 14:20 kami pun sampai di spot 1, dan 10 menit kemudian semua peserta (kecuali sekar n mamanya) sudah nyebur. Arusnya lumayan kuat, buram n dingin banget kalo pas di yg agak dalam jadi gw mending milih yg cetek2 karena airnya hangat n pemandangannya jelas buat moto2 pake cam ampibi andalan gw si Oly miju 720sw tapi musti hati2 ntar kegaruk terumbu karang, gatelll deeehhh (kaya dulu waktu di karimun) … wooowww… indah indah indah indah indaaahhhhh…. si nimo merah tapi ga nemu ada juga yg kuning item.

Tadinya Ridwan berusaha untuk ngelompokin peserta menjadi beberapa kelompok, tapi dah bawaan orok susah diatur jd ya mencar lg mencar lg, kecuali mbak erni , dewi, n AG yg setia dengan ban pelampungnya , gw gabung juga akhirnya, cape booo.. kebawa arus. Wah makin lama badan gw kok makin ga enak ya ??? pusing n pengen mun-mun, untung ngga lama kemudian Ridwan ngasih isyarat untuk naik perahu lagi. Tapi, alamaakk… arus laut yg mengalun alias alun bikin kapal oleng, n bau solar bikin perut gw berontak, akhirnya mun-mun beneran deehhh…hahhhhh…payah2 punya badan tipis imut kaya gw gampang banget masuk angin. Gw tau gw ga mungkin bisa lg berbasah2 jd sambil ngumpet sebisa2nya ganti baju.

Kami berperahu lg menuju spot 2. Disana gw sama sekali ga nyebur, cuman berusaha untuk mulihin kondisi gw supaya ga terlalu pusing. Tapi karena arus laut yg kenceng, temen2 yg lain jg ga terlalu lama nyeburnya.

Jam 17:15 kami sudah sampai kembali ke dermaga dan langsung menuju basecamp, peserta cewek langsung menyerbu kamar mandi satu-satunya…walaahhh…bakalan kelamaan ngantri mendingan hunting sunset aza yukkk… Wah sunsetnya lumayan indah untuk dilihat tapi susah buat di capture cam karena mendung jd kurang clear, jd yaaa..sedapet2nya deh. Asyiknya nongkrong di dermaga menikmati sunset tp lama lama nyamuk postpone mulai berdatangan dan mencicipi darah kami, yukkk pulang yukkk…

Ternyata antrian kamar mandi dah lumayan berkurang. Abis mandi makan lagi deh ama ikan bakar n ikan goreng, hmmm…ikan gorengnya enakkk. Whoaaaahhh…abis makan nguantuk. Kami para pe
serta cewek disediain 1 kamar, jadinya berdempet2 kaya ikan asin kepanasan.

Listrik di pulau ini disediakan oleh pembangkit listrik tenaga surya, setiap rumah memiliki alat tersebut. Tenaga listrik yg diperoleh cukup untuk menyalakan tv/radio n penerangan seadanya tp ga lama-lama. Jadi sebagian penerangan di rumah yg kami tempati masih memakai lampu minyak alias lampu tempel.

Karena kepanasan tidur di dalam kamar, temen2 cewek ada yg tidur di teras or di ruang tengah dengan resiko dikerubuti nyamuk postpone dan tentu saja diberisiki suara dengkuran semenggelegar mesin kapal rusak dari para cowok yg tidur bergeletakan dimana aza.

Pagi buta niatnya sih pada mo hunting sunrise, tapi…cuaca ternyata mendung2 gitu gerimis pula. Wahhh…akhirnya kita main2 di dekat dermaga. Disana kan ada semacam gundukan pasir agak tinggi yg kalo air lautnya sedang surut kaya saat itu, maka akan terbentang jalan pasir/gugusan terumbu karang yg memisahkan lautan luas dengan semacam kolam dangkal tempat penanaman pohon mangrove. Dan ada ikan-ikan yg terbawa ke situ sewaktu pasang yg belum sempat ke laut lagi karena airnya sedang surut, jadilah aquarium jernih n indah yg langsung dijadikan obyek si oly ampibi gw.

Ternyata perlu kesabaran tingkat tinggi n persedian power camera yg prima untuk dapat memperoleh picture sang ikan yg selalu ngumpet di balik terumbu karang bila tiba2 mereka dikagetkan oleh gerakan2. Kita harus mencari spot yg sering di kunjungi ikan2, tangan n camera harus dlm posisi siap menjepret dan sudah didalam air. Cobalah untuk tidak bergerak2 atau kalaupun harus bergerak, lakukan sepelan mungkin. Air yg jernih dan cahaya matahari alami yg menembus adalah kondisi alam yang wajib ada he..he…

Saking kelamaannya nungguin sang ikan keluar dari tempat ngumpetnya, batere camera gw sampai habis blasssss….. yahhhhhh…jd ga semangat lagi deh, tapiii..eit masih punya batere cadangan 1 lagi. Setelah bernarsis pagi di dermaga kami kembali ke homestay untuk sarapan n untuk siap2 lagi snorklingan.

Jam 08:30 kami kembali berperahu menuju spot 3 untuk bersnorkling. Waaa….kok mataharinya ga muncul2 ya??? Wah wis ra opo2 lah asal ga hujan aza.

Jam 09:00 sampailah kami di spot 3 n tentu saja langsung nyebur. dan walaupun udah dibagi berkelompok2 tetep aza mubyar mencar ngga keru-keruan. Gw sibuk mencari obyek kan untuk di foto. Wahhh…matahari ra eneng, airnya bureng2 gitu, arusnya bikin gw susah diem di suatu tempat, jadilah asal njempret, apa yg keto ta jepret . Banyak juga sih ikannya, terumbu karangnya juga indah warna warni.

Setelah kira2 bersnorkell selama 30 menitan, penyakit pusing n mual gw kambuh lagi. Wah…wisss..bakalan tepar lagi deh, ditahan-tahanin tapi tetep ga bisa tahan mun-mun lagi. Akhirnya dengan susah payah n dibantu temen2 lain gw berhasil naik ke perahu. Di perahu, gw berusaha memulihkan diri sendiri dengan minum teh hangat campur jahe wangi, minum obat masuk angin, ganti baju dengan yg kering, dan membalur badan dengan minyak kayu putih. Yahh..agak mendingan deh, tp masih puyeng2 dikit tp dah ngga mun2 lg secara dah keluar semua isi perut kembali ke laut.

Ternyata mamanya Sekar yg terus diperahu jg mabok kaya gw… disusul Sekar n Mbak Erni. Kasian bgt Mbak Erni, dia ngga bawa baju ganti jd meringkuk kedinginan.

Temen2 yg lain masih asyik bersnorkell. Sementara Si Bapak yg punya perahu (siapa namanya ya koq perasaan gw ngga kenalan ya??? hi..hi..bego dehh) lagi ngegoreng stick kentang alias potatoes stick yg langsung diserbu para snorkller yg rupanya dah kelaperan lagi, sampai dibawa melaut sama wadah-wadahnya.

Atas riquest para snorkell super narsis, dan karena camera gw doang yg ampibi, jadilah camera gw yg baterenya tinggal sauprit dijadiin bahan percobaan underwater fotoghraphy dengan obyek hidung, mulut, n mata para model. Yahhh..kalo matahari ga bagus trus airnya bureng ngga bisa moto dari jauh musti up close n personalll…jadinya kalo mo jelas motonya harus idung doang or mata doang or jidat doang kaya Dewi, Alinda, Darwin, Endro, n..n…. semua dehhh. Gw???? Yahhhh…cuma bisa nonton dari atas perahu. Tapi gpp kok…yg penting dah nyebur n dah dapet foto2 ikan n terumbu karang.

Jam 12:00 sudah puas bersnorkell n bernarsis ria di lautan sampe menggigil, kamipun ber perahu lg menuju dermaga. Yahh..tentu saja mengantri lagi untuk mandi dan makan siaaaanggg… kali ini ngga ada ikan bakar ngga keburu katanya, adanya ikan goreng….hmmm…jadi laper niy. Ada juga empek-empek hasil karya mas ocid yg ditraining sama mas ridwan. Selanjutnya??? Tidur siang deeehhh…

Jam 15:00 kami sudah berkemas2 untuk balik ke daratan jawa dwipa (halahhh…). Yg tidur siangnya kelamaan n belom sempet mandi, buru2 dibangunin n dimandiin (eh…ngga ding.. disuruh mandi).

Jam 15:20 kami berpamitan dan berfoto keluarga dengan mas ocid n keluarganya.
Jam 15:30 kami semua sudah diperahu dan berangkatlah kami. Karena masih ngantuk n kekenyangan, kami langsung mencari posisi masing-masing dan mendengkur lagi. Ternyata seharian ini cuaca terus menerus mendung, matahari muncul cuma sebentaran di tengah lautan.

Ditengah perjalanan kira2 jam 17:15 tiba-tiba mesin perahu tersedak2 n akhirnya berhenti total. Saat itu kami kira-kira 30 mnt dr pel karang antu (kerlap kerlip lampu di pelabuhan karang antu pun sudah kelihatan). Semua peserta langsung terbangun n celingukan n bertanya2. Mamanya Sekar langsung memakai Live Jacket karena takut perahunya tenggelam. Juru mudi minta slh 1 abk utk turun ke laut n mencari tahu apa yg terjadi, menurut perkiraan beliau kayanya baling2 perahunya copot, ternyata baling2nya memang lepas n hilang…..wahhh…ciloko piye iki????!!!!*#@

“Lepas jangkar aja Pak, supaya kita ngga ke bawa arus..” kata salah satu temennya Ridwan, dan jangkarpun di lepas. “Coba2 siapa yg hp-nya dah dapet sinyal???” teriak mas Ridwan. Entah pake hp-nya siapa, si bapak empunya perahu nelp rumahnya, minta supaya anaknya menjemput kami, posisi kami katanya deket Pulo Pamujan Kecil (memang ada 2 pulo sih di sebelah kanan, satunya besar “Pamujan Besar” dan satunya lagi kecil “Pamujan Kecil”). Katanya itu adalah tempat orang muja-muja entah apa n agak angker hiyyyy…. mana udah mulai gelep lagi memasuki waktu maghrib….

Untuk meredakan dagdigdug jantung n panik, temen2 berinisiatif untuk nyetel mp3 player (punya Alinda) pake speaker dock-nya riri, sementara Rika mengeluarkan kartu remi. Tawa candapun kembali mengisi perahu, walaupun kadang2 omongannya saru n nyerempet2 yg gaib2 n ga boleh disrempet2 terutama disaat2 genting kaya sekarang. Beberapa kali si Bapak sang empunya perahu n papanya Sekar harus mengingatkan dengan ber- husss…husss… Yahhh tapi tetep aza begitu lagi begitu lagi…dasar anak kota he..he…dan tiba2 ada ikan yang loncat dan masuk perahu di deket kakinya Dini…”Ikannya mabok dipipisin gw n Dini” celetuk mbak Erni yg barusan pps di perahu, hi…hi…dasar ada2 aza. Beberapa kali si Bapak sang empunya perahu kembali menelepon rumahnya menanyakan apakah anaknya sudah berangkat apa belom.

Akhirnya dari arah belakang kami mendengar derungan suara kapal dan benarlah rescue boat datang jam 18:15, hhh….syukur…syukuurr…. Dengan diikat tali tambang perahu kami diderek hingga pel karang antu. Menjelang mulut pelabuhan, kira-kira jam 18:30 mesin perahu kembali dihidupkan, dan jam 19:05 akhirnya kami merapat di pelabuhan karang antu …hhhhhhh….legaaa…rasanya, tapi kasian si Bapak sang empunya perahu musti beli baling2 baru (katanya harganya 2,5 jut…).

Karena udah malem, di situ dah ga ada angkot. Mas Ridwan n Mas Indra dengan memakai motor, pergi mencari angkot carteran. Ngga lama kemudian sang angkot datang. Kamipun berangkat lg menuju Cilegon, rencananya mo makan sate bebek Cibeber. Satenya uenak banget n ngga alot kaya yg pernah gw cicipin sebelumnya, murmer lagi.

Akhirnya kitapun bubaran kembali ke asal masing2. Gw, Rika, Dini, n Alinda sama2 nebeng mobilnya Pak Huda
. Sekitaran jam 23:00 , dini turun di Cawang, gw n Rika turun di Uki, langsung naik bis Bogor yang untungnya masih ada, sementara Alinda ikut Pak Huda sampe Pasar Minggu karena Pak Huda n keluarga lagi nginepan di sodaranya di Pasar Minggu.

Jam 24:00 gw n Rika nyampe di Bogor, pisahan lagi sama Rika, gw naik colt mini yang ngetem cukup lama. Saking capek n ngantuknya gw ketiduran di mobil, dibangunin ama mamang supir, yaaaa….kelewatan lagi deh… wah untung ada ojek yg masih mangkal.

Jam 01:05 gw nyampe rumah whoaaa…ngantuk bgt, nyempetin sikat gigi, cuci muka, cuci kaki n ganti baju udah itu langsung tidur blassss….ampe pagi. Selesailah sudah trip kali ini…walaupun sambil mun-mun n puyeng-puyeng tapi enjoyyy.. koqqq…tinggal siap2 ke baduy nih weekend depan…

—-ooooooo—-

Special Thanks to:
Ridwan, mas Ocid n family, mas Indra, Bapak si empunya perahu n kru (n family-nya juga), Pak Huda yang dah gw tebengin, Rika n family yang dah gw tebengin juga (hi…hi…nebeng mulu yaaa…???) Thanks to : (alphabetical order nick name yaaaa…) Alinda, Darwin, Dewi, Dini, Endro, Erni, Lili, Riko, Riri, Risda, papa+mamanya+Sekar+AG

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s